Kawasan Ekonomi Khusus di Cikarang akan Mengintegrasikan Bisnis di Jakarta dan Jawa Barat

Cikarangmenjadi pusat ekonomi dan bisnis di Indonesia. Pasalnya, pergerakan ekonomiterbesar berada di kawasan ini. Cikarang menjadi kawasan industri terbesar diAsia Tenggara karena menjadi tempat bernaung 4000 perusahaan dari 35 negara. Cikarang telah menjadi rumah bagi semua bisnisperusahaan asing, perusahaan nasional, sektor jasa dan perdagangan, hinggausaha kecil dan menengah.

Dengan potensiyang dimiliki Cikarang, maka tak diragukan kawasan yang berada pada KabupatenBekasi, Jawa Barat, akan meningkatkan pemasukan negara. Data Badan Pusat Statistik (BPS) seperti yangdilansir dari bps.go.id, menunjukannilai ekspor Indonesia pada Desember 2017 mencapai USD 14,79miliar, di banding Desember 2016 meningkat 6,93 persen. Cikarang mendorongekspor nasional karena dikelilingi kawasan industri yang besar seperti Delta SiliconI & 2, MM2100, Jababeka I & II, Delta Mas, EJIP dan BIIE.

Besarnyakekuatan ekonomi yang dimiliki Cikarang menjadi magnet investasi bagi negeriini. Karena itu, Pemerintah kini terus mempertimbangkan Cikarang sebagaiKawasan Ekonomi Khusus (KEK). Fokus padapeningkatan ekonomi dan bisnis menjadikan Kawasan Industri Cikarang akan menjadilebih besar karena akanlebih mengoptimalkan potensi investasi, ekspor, dan perdagangan.

Langkah pembentukanKEK di Cikarang salah satunya dengan membangun sejumlah infrastuktur yangmengintegrasikan Jakarta dan Jawa Barat. Saat ini, Pemerintah tengah membangunsejumlah fasilitas infrastruktur guna merealisasikan KEK di Cikarang, yaituBandara Internasional Kertajati, Pelabuhan Patimban dan Kereta CepatJakarta-Bandung. Dengan segala akses itu maka akan memudahkan industripengolahan yang banyak beroperasi di Cikarang.

PotensiCikarang menjadi KEK karena kawasan ini menjadi pusat manufakturing danotomotif yang menyumbang hampir 60 persen dari nilai ekspor Indonesia. Kekuatanekonomi di Cikarang sangat besar karena terdapat 4.000 perusahaan multinasional,100.000 pemilik bisnis dan 100.000 manajer yang bekerja di kawasan industriCikarang.

Perkembangan dikoridor timur Jakarta memang sangat pesat dengan adanya pembangunaninfrastruktur baru. Tentu saja, kehadiran infrastruktur tersebut akan menaikanminat perusahaan untuk berinvestasi di Cikarang. Gelar Cikarang sebagai KEKakan mewujudkan rencana pemerintah untuk mengundang investor berlomba-lombamenanamkan modalnya di Indonesia.

© MEIKARTA 2017. All Rights Reserved